Sabtu, 21 November 2009

seperti panda,….. gajah di Thailand

Berita menarik dari dailymail dan thailandlandofsmiles, tentang sikap dan usaha dari penjaga kebun binatang di Thailand untuk menarik kembali perhatian masyarakatnya terhadap binatang yang menjadi simbol dari negeri ini.

image source: dailymail

Gajah Thailand dilukis warna hitam-putih sehingga mirip panda.
Kemarin,…. Gajah yang dicat seperti panda terlihat di Royal Elephant Kraal di provinsi Ayutthaya, 80 km sebelah utara Bangkok, dalam rangka mengingatkan adanya kebutuhan gajah di Thailand.

article-0-057CA830000005DC-644_634x400image source: dailymail

Gajah adalah simbol nasional di Thailand, tetapi negeri ini telah ‘mabuk-panda sejak kelahiran anak betina panda Lin Hui dan Xuang Xuang di kebun binatang Chiang Mai di Bangkok. Bangkok Post juga melaporkan bahwa 20 juta baht (£ 355,800) digunakan untuk membangun rumah-salju bagi keluarga panda di kebun binatang. Penjaga kebun binatang mempertanyakan “Mengapa pemerintah melupakan gajah Thailand”. Masih banyak yang harus dilakukan untuk melindungi harta nasional Thailand dan memastikan bahwa mereka akan selalu aman dan dirawat dengan baik dalam kerajaan.

Jemu akan semua perdebatan, penjaga di Ayutthaya-Elephant Kraal membuat aksi drastis, mengecat sebanyak lima gajah yang dilupakan dengan cat air, kemudian mereka berpawai didepan anak-anak sekolah. Pertunjukan ketangkasan panda-monium sebagai usaha mencoba untuk menarik perhatian negeri kembali kepada raksasa yang dilupakan ini.

image source: dailymail

Beberapa cerita dalam website Bangkok Post, mengatakan bahwa penjaga kebun binatang ’sedikit diluar jalur’, tetapi yang lain bertepuk tangan atas tindakan mereka. Sekarang saatnya pemerintah memberikan perawatan dari simbol nasional … ‘ gajah’ tulis seorang pembaca.
“Cina yang telah memberikan perawatan pada panda, Kenapa tidak di Thailand?”

Parade lima gajah di Thailand, kemarin. (image source: dailymail)

sumber dan informasi lebih lanjut: dailymail dan thailandlandofsmiles.

0 komentar:

Posting Komentar

DAFTAR ISI